Kompas.com - 19/12/2012, 14:25 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Negara Malaysia (BNM) belum memberikan izin kepada PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) untuk beroperasi secara penuh di Malaysia.

Gubernur BNM Zeti Akhtar Aziz menilai ada sejumlah aturan yang belum dipenuhi oleh bank beraset terbesar di Indonesia itu. Dengan demikian, bank sentral Malaysia juga belum bisa mengizinkan Bank Mandiri untuk operasional penuh.

"Kami telah melakukan diskusi, dan akan prematur kalau kami jabarkan sekarang. Yang pasti, kami telah memberikan fleksibilitas agar (Bank Mandiri) bisa memenuhi target," kata Zeti di kantor Bank Indonesia (BI) Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Menurut Zeti, untuk membuka bisnis bank di Malaysia, BNM memberikan syarat ketat dengan kondisi bahwa bank asing harus terlebih dahulu membentuk anak usaha dengan modal minimal 300 juta ringgit Malaysia atau sekitar Rp 900 miliar, begitu juga dalam pembukaan kantor cabang ke depan yang hanya terbatas di wilayah-wilayah tertentu.

Bank Mandiri sendiri sebenarnya telah mengajukan keberatan atas persyaratan tersebut. Pasalnya, perseroan melihat syarat permodalan terlalu besar untuk bisa dipenuhi. Begitu juga dari sisi perluasan jaringan yang memang sangat terbatas. Saat ini, Bank Mandiri hanya beroperasi dalam hal kantor remitansi, yaitu layanan pembayaran atau transaksi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia atau sebaliknya yang didominasi oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia.

Zeti menambahkan, selain Bank Mandiri, pihaknya juga memberikan izin bagi empat bank lain yang berasal dari Jepang, Timur Tengah, dan Eropa. Menurutnya, lisensi bagi bank-bank asing ini merupakan yang pertama diberikan BNM dalam 30 tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.