Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Beli "Ferrari" dengan Dana Pribadi

Kompas.com - 08/01/2013, 17:17 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku menggunakan dana pribadi untuk memesan secara khusus mobil listrik jenis "Ferrari". Dahlan tidak memakai uang dari Kementerian BUMN sedikitpun.

"Itu uang pribadi. Itu untuk riset dan buat prototipe," kata Dahlan saat ditemui di Gallery Cafe Cikini Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Menurut Dahlan, pihaknya menginginkan agar proyek mobil listrik ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia ke depan. Dirinya rela dijadikan bahan percontohan untuk proyek mobil listrik ini. Dahlan rela mengeluarkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk memesan mobil listrik jenis Ferrari langsung dari pembuatnya, Danet Suryatama dibantu oleh Kunto Wibisono, pemilik bengkel Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta. Kunto berperan membuat rangka (chasis) mobil tersebut.

Dahlan juga mengeluarkan uang dari kocek pribadi sebesar Rp 200-Rp 300 juta untuk mobil listrik konsep City Car yang dibuat oleh Dasep Ahmadi, di sebuah bengkel pribadi di Depok. "Saya ini hanya pesan, membiayai saja. Nanti kalau ada yang mau memproduksi mobil listrik ini, silahkan saja. Pemerintah sudah mendorong mobil listrik jadi mobil masa depan," tambahnya.

Rencananya, pertengahan tahun ini seharusnya mobil listrik bisa diproduksi secara massal. Sebab, presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan ada launching mobil listrik nasional pada Mei 2013 mendatang. "Sekarang tinggal masalah perizinan, aturan-aturan dan terus melakukan uji coba sebelum mobil listrik ini siap diproduksi massal," tambahnya.

Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
MOBIL LISTRIK DAHLAN ISKAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com