Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Perbankan Rawan Terkena Ambil Untung

Kompas.com - 16/01/2013, 08:50 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Asia pada Rabu (16/1/2013) pagi ini dibuka melemah tipis seiring menguatnya nilai tukar yen setelah sepekan terakhir melemah signifikan. Ini bisa menambah tekanan pada Indeks Harga Saham Gabungan, apalagi sejumlah sektor yang sudah menguat pada perdagangan sebelumnya.

Sentimen di Jepang itu mengompensasi rilis data machinery orders Jepang di bulan November yang tumbuh 3,9 persen dibanding bulan sebelumnya, lebih tinggi dari ekspektasi. Harga minyak pagi ini menguat tipis ke level 93,4 dollar AS per barrel sementara Exchange Traded Fund Indonesia di bursa AS menguat 1 persen semalam.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan bergerak variatif dengan potensi koreksi seiring ambil untung pada beberapa saham. Secara khusus hal ini merujuk pada sektor perbankan yang kemarin menguat signifikan. Level dukungan indeks berada di level 4.382.

Dari bursa global, meski sempat dibuka melemah sekitar 0,5 persen, bursa AS berhasil ditutup menguat tipis memfaktorkan rilis data retail sales AS di bulan Desember yang tumbuh 0,5 persen dibanding bulan sebelumnya. Hal ini lebih baik dari ekspektasi. Indeks teknologi Nasdaq ditutup melemah seiring Apple Inc melanjutkan koreksinya sekitar 3,1 persen semalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com