Kompas.com - 30/01/2013, 12:15 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Program transformasi ekonomi perlu diimplementasikan dalam semangat AFTA dan WTO. Sektor swasta memainkan peranan penting sebagai mesin pertumbuhan ekonomi.

Delegasi Malaysia Abdul Rahim Abdul Rahman dalam Forum Parlemen Asia Pasifik di Vladivostok, Rusia, Rabu (30/1/2013), mengatakan, hasil nyata perlu lebih dinamis. Inisiatif di bawah APEC harus dipastikan memberi kan dampak penting, khususnya untuk perdagangan dan investasi.

Wartawan Kompas Stefanus Osa melaporkan, Malaysia sangat prihatin dengan krisis ekonomi. Diharapkan, krisis ekonomi negara maju tidak berdampak serius bagi negara-negara lain, khususnya Malaysia. Saat ini, Malaysia mendorong masyarakat ekonomi Eropa harus memperkuat kerja sama yang efektif agar mampu meningkatkan kepercayaan investor.

"Kebijakan harus ada penyesuaian perlahan-lahan dan memastikan kepercayaan investor bisa dikembalikan," ujar Abdul Rahim.

Soal ketahanan pangan, Malaysia sangat memahami pentingnya ketahanan pangan untuk mencegah volatilitas gejolak pangan dan menjaga keseimbangan pangan. Rantai pasokan yang tidak efisien akan memengaruhi produk-produk pertanian. Keterampilan ekonomi diperlukan agar bisnis tetap tumbuh.

"Sektor pertanian harus dilihat sebagai investasi. Perubahan iklim dan kurangnya lahan yang dikelola harus diantisipasi. Keamanan pangan harus menjadi prioritas penting semua negara. Malaysia sendiri terlibat dalam sistem ketahanan pangan," ujar Abdul.    

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.