Djoko: Sepeda Motor Masuk Tol Masih Wacana

Kompas.com - 13/02/2013, 13:02 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjelaskan, rencana sepeda motor untuk bisa masuk ke jalur jalan tol masih sebatas wacana. Saat ini, pihaknya masih melakukan kajian.

"Sepeda motor yang masuk jalan tol ini nantinya tidak boleh bercampur dengan jalur mobil sehingga diperlukan pembuatan jalur khususnya. Ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan antara mobil dan sepeda motor," kata Djoko selepas rapat koordinasi tentang peningkatan investasi dan ekspor di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Menurut Djoko, perlu kajian mendalam untuk bisa merealisasikan sepeda motor masuk ke jalan tol. "Kita sedang evaluasi, legalnya bisa apa tidak, motor masuk jalan tol," tambahnya.

Sayang, Djoko masih enggan memerinci rencana tersebut, termasuk dampak positif dan negatif dari rencana ini.

Kementerian Pekerjaan Umum sendiri masih mengkaji peraturan pemerintah atas rencana tersebut. Selama ini, aturan tersebut sudah diberlakukan di tol Suramadu. Namun, nantinya, pihaknya juga akan membatasi jumlah sepeda motor yang bisa masuk jalan tol tersebut.

"Kita lihatlah dulu, apa bisa ada jalur khusus itu di dalam tol lainnya," sambung Djoko.

Ia menegaskan, aspek utama dalam mengatur sepeda motor lewat jalan tol adalah bukan mungkin atau tidak mungkin, tetapi masalah safety atau keselamatan yang harus dipikirkan secara cermat.

Djoko mengatakan, berkaca pada gaya pengendara motor yang mengendarai motornya di jalan arteri, banyak yang ugal-ugalan. Jadi, Ia berkesimpulan kalau memang harus masuk tol, harus ada jalur khususnya.

Sebelumnya, ide sepeda motor masuk jalan tol muncul dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang meminta kepada PT Jasa Marga Tbk (JSMR) untuk melakukan studi agar sepeda motor bisa masuk jalan tol di Jakarta.

Dahlan mengusulkan agar disediakan jalur khusus untuk sepeda motor dengan memanfaatkan sayap-sayap jalan tol yang sudah ada saat ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X