Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Turun Setelah The Fed Rilis Risalah

Kompas.com - 21/02/2013, 07:24 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street turun pada Rabu (20/2/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB), setelah risalah Federal Reserve menunjukkan perpecahan atas pembelian aset.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir turun 108,13 poin (0,77 persen) menjadi 13.927,54. Indeks saham S&P 500 turun 18,99 poin (1,24 persen) menjadi 1.511,95 dan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 49,18 poin (1,53 persen) menjadi 3.164,41 terseret oleh saham Apple yang jatuh 2,4 persen.

Setelah pembukaan, sebagian besar saham lebih rendah di tengah data perumahan  dan inflasi grosir yang bervariasi, indeks mencapai posisi terendah sesi baru setelah The Fed merilis risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 29-30 Januari.

Beberapa peserta mengatakan bahwa evaluasi yang sedang berlangsung atas pembelian aset 85 miliar dollar AS per bulan "mungkin juga mendorong komite untuk mengurangi atau mengakhiri pembelian sebelum menilai bahwa perbaikan substansial dalam prospek pasar tenaga kerja telah terjadi."

"Mengejutkan, The Fed memberikan sinyal akan menghentikan program pembelian aset sebagai stumulus. Itu dikarenakan bank sentral melihat ekonomi AS membaik," ulas  Dan Greenhaus, chief global strategist di BTIG LLC.

The Fed juga memastikan, suku bunga acuan akan dijaga di level terendah saat ini hingga 2014. Selain karena katalis itu, pasar merealisasikan keuntungan dari kenaikan perdagangan sebelumnya.

Sementara Office Depot dan OfficeMax mengkonfirmasi merger mereka setelah berita pengumuman prematur. Penggabungan semua saham akan membuat pengecer pasokan kantor 18 miliar dolar AS.

Saham Office Depot merosot 16,7 persen dan OfficeMax merosot 7,0 persen. Jaringan hotel Marriott jatuh 2,7 persen setelah membukukan hasil kuartalan yang gagal memenuhi harapan.

Pengembang perumhanan mewah Toll Brothers juga menderita dari laba yang mengecewakan, kehilangan 9,1 persen.

Dell, yang melaporkan penurunan laba 32 persen pada 2012 yang  sedikit lebih baik dari yang diharapkan, naik 0,2 persen. Yahoo! turun 1,7 persen setelah meluncurkan sebuah homepage baru.

Sony turun 1,2 persen menjelang konferensi pers PlayStation 4.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com