Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham-saham Bank Rawan Terkoreksi

Kompas.com - 25/02/2013, 09:11 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Asia bergerak variatif pada Senin (25/2/2013) pagi ini dengan penguatan pada Bursa Jepang, memberi sentimen positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan. Namun, saham-saham bank diperkirakan rawan terkoreksi.

Bursa Jepang menguat signifikan sekitar 1,5 persen seiring dukungan pemerintah Jepang terhadap calon gubernur bank sentral yang baru yang relatif pro-stimulus. Harga minyak relatif flat pagi ini di level 93,1 dollar AS per barrel.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan kembali dibuka menguat seiring minimnya sentimen negatif bursa regional. Namun demikian, beberapa saham sektor perbankan cukup rawan profit taking seiring penguatan yang signifikan sepanjang pekan lalu.

Resisten indeks berada di level 4.675. Bursa AS berhasil rebound di akhir pekan kemarin setelah melemah dalam dua hari perdagangan sebelumnya seiring sentimen positif dari rilis kinerja HP Co yang jauh di atas ekspektasi konsensus. Penguatan bursa AS juga didorong oleh penguatan bursa Eropa yang memfaktorkan rilis data business confidence Jerman di bulan Januari naik ke level tertinggi dalam 10 bulan terakhir. Hal ini mengkompensasi sentimen negatif dari diturunkannya proyeksi ekonomi Uni Eropa oleh European Commission dari 0,1 persen menjadi -0,3 persen di 2013.

Harga minyak menguat tipis 0,3 persen ke level 93,1 dollar AS per barrel sementara harga metal dunia bergerak variatif dengan nikel menguat 2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com