Perlu Terobosan dalam Penjualan Bank Mutiara

Kompas.com - 06/03/2013, 17:39 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah perlu membuat terobosan dalam penjualan Bank Mutiara. Tanpa terobosan, bank yang merupakan jelmaan Bank Century itu akan sulit terjual.

Demikian disampaikan analis keuangan Lin Che Wei di Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Menurut Che Wei, terobosan itu bisa berupa pemberian insentif kepada calon investor Bank Mutiara. Insentif itu bisa berupa dibolehkannya investor membayar secara bertahap.

"Langkah ini diperlukan untuk memecah kebuntuan penjualan eks Bank Century yang di-bailout dengan dana Rp 6,7 triliun," katanya.

Che Wei menyatakan, berdasarkan Undang-Undang Lembaga Penjamin Simpanan, harga minimum penjualan Bank Mutiara adalah senilai dengan besaran bailout, yakni Rp 6,7 triliun. "Dengan harga setinggi itu, sulit didapatkan calon yang berminat serius," ujarnya.

Bila pemerintah memberikan keringanan dengan diperbolehkannya investor membayar secara mencicil, ia yakin ada investor yang bakal berminat. "Kalau ada fleksibilitas ini, saya yakin investor lokal pun banyak yang berminat," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X