Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Optimistis Fed Lanjutkan "Quantitative Easing"

Kompas.com - 20/03/2013, 08:16 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor global, khususnya di Amerika Serikat, optimistis program quantitaive easing di AS akan dilanjutkan. Namun, semalam waktu Indonesia, indeks saham di negara itu berakhir variatif masih tertekan sentimen di Siprus.

Wall Street telah menambah outlook untuk quantitative easing (QE) dari Federal Reserve dan mengurangi kecemasan mengenai resesi di tahun depan ke level terendah dalam 20 bulan. Demikian hasil survei The Fed pada bulan Maret ini.

Sebagaimana dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Rabu (20/3/2013), sebanyak 54 responden, termasuk ekonom, analis, dan manajer keuangan, saat ini mempercayai The Fed akan membeli aset senilai 917 miliar dollar AS tahun ini, dalam program QE, naik dari 858 miliar dollar AS di bulan Januari. Angka baru ini berarti 76 miliar dollar AS per bulan, yang mana masih berada di bawah 85 miliar dollar AS saat ini.

Bursa saham AS sendiri semalam memangkas penurunan menjelang penutupan untuk ditutup variatif pada pascavoting pemerintah Siprus atas kesepakatan dana talangan perbankan yang kontroversial. Parlemen Siprus telah menolak pajak terhadap tabungan bank sebagai syarat dana talangan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com