Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal Kereta Jarak Jauh Ekonomi yang Baru

Kompas.com - 01/04/2013, 08:15 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi meningkatkan pelayanan kepada konsumennya, PT Kereta Api Indonesia melakukan perubahan sejumlah jadwal keberangkatan kereta api ekonomi jarak jauh dari Jakarta. Perubahan sejumlah jadwal itu pun mulai dilakukan pada Senin, 1 April 2013, ini.

"Jadwal tersebut berubah karena PT KAI Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2013 menggantikan Gapeka tahun 2011," ujar Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta, Agus Sutijono, Minggu (31/3/2013).

Perubahan jadwal keberangkatan salah satunya terjadi di KA Gumarang jurusan Jakarta-Pasar Turi, Surabaya, di mana di jadwal semula berangkat dari Jakarta pukul 17.45 WIB dan tiba di Surabaya pukul 05.48 WIB menjadi berangkat pukul 15.15 WIB tiba pukul 03.51 WIB.

Selain itu, Kereta Api Bogowonto jurusan Pasar Senen-Yogyakarta yang semula berangkat dari Jakarta pukul 09.15 WIB dan tiba pukul di Yogyakarta pukul 17.33 WIB menjadi berangkat dari Jakarta pukul 18.55 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 03.13 WIB.

Agus mengatakan, selain perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, beberapa rangkaian mengalami pemindahan tempat awal keberangkatan. Misalnya, Kereta Api Bangunkarta yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen mengalami perubahan hingga menjadi berangkat dari Stasiun Gambir.

"Kemudian KA Bengawan, KA Brantas semula dari Stasiun Tanah Abang jadi Stasiun Tanjung Priok. Dan, KA Kutojaya semula dari Tanah Abang diubah jadi Stasiun Pasar Senen," kata Agus.

Meski demikian, kata Agus, perubahan jadwal keberangkatan rangkaian kereta api ekonomi itu secara umum tidak terjadi pada kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Hanya terdapat beberapa jadwal keberangkatan yang dimajukan beberapa menit dari jadwal semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com