Kompas.com - 14/05/2013, 09:29 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba branchless banking yang akan dilakukan Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat ini, menarik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) untuk bergabung.

"Kami ikut uji coba," ucap Sekretaris Korporasi BRI Muhammad Ali, Senin, (13/5/2013).

Ia menyebut, BRI pun sudah memiliki konsep untuk melaksanakan program bank tanpa cabang tersebut, yakni hybrid dengan perusahaan telekomunikasi. Perusahaan yang digandeng bank dengan laba terbesar ini adalah PT Telkom.

Nantinya, agen yang akan digunakan untuk bank tanpa cabang ini ada 2 macam, yakni internal dan eksternal. Agen internal ini terdapat di Teras BRI dengan Electronic Data Capture (EDC) yang bersifat mobile. Sedangkan, agen eksternal tersebut yang merupakan kerja sama dengan telko.

Untuk pengamanan, akan ada 3 pengamanan yang dilakukan untuk jenis telko. Pertama yaitu melalui nomor ponsel, kedua adalah password, dan ketiga yakni token. Ali mengatakan, token ini akan berfungsi selama 30 menit. Bila tidak diisi hingga jangka waktu tersebut, bisa hangus dan harus memasukkan password lagi.

Nantinya, transaksi bank tanpa cabang ini akan mengarah pada transfer serta mengambil uang lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk agen internal. Ini pun dapat mengarah hingga menabung dan meminjam dana oleh masyarakat. "Tapi akan tetap berhubungan dengan bank," sebut Ali.

Rencana uji coba branchless banking BRI ini akan dilaksanakan di 2 provinsi, yaitu Jawa Timur dan Bali. Di Jawa Timur, BRI akan masuk ke Kabupaten Banyuwangi, pada Kecamatan Muncar, Sempu, dan Ronggojampi. Kemudian, di Bali yakni Kabupaten Singaraja. Namun di Bali ini pihak BRI belum bisa menentukan akan masuk ke kecamatan mana.

Ali mengatakan bahwa sesuai Surat Edaran (SE) BI, menyampaikan bahwa bank dianjurkan masuk ke daerah yang tak terlalu banyak memiliki unit kerja, masyarakat banyak, kebutuhan keuangan tinggi, dan terdapat infrastruktur. Meski begitu, daerah yang dimasuki dipilih sendiri oleh pihak bank.

Meski begitu, Ali menyebut belum ada target BRI untuk meraup berapa nasabah dari bank tanpa cabang ini. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.