Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Meraup Dana Obligasi Rp 31 Triliun

Kompas.com - 16/05/2013, 03:40 WIB

Jakarta, Kompas - PT Pertamina (Persero) meraup dana 3,25 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 31,677 triliun dari penerbitan surat utang atau obligasi global di pasar finansial internasional. Dana itu akan digunakan untuk mengakuisisi sejumlah blok minyak dan gas bumi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk meningkatkan produksi perseroan itu.

Direktur Investasi dan Manajemen Risiko PT Pertamina M Afdal Bahaudin, Rabu (15/5), di Jakarta, mengatakan, jangka waktu kupon obligasi itu 10 tahun dan 30 tahun.

Komisaris Utama PT Pertamina Sugiharto mengungkapkan, penerbitan obligasi itu bagian dari strategi perseroan tersebut untuk mengembangkan lapangan minyak dan gas bumi dengan cara non-organik melalui penggabungan dan akuisisi sejumlah blok minyak dan gas bumi.

Obligasi itu diterbitkan dalam dua seri. Obligasi senilai 1,625 miliar dollar AS dengan kupon obligasi 4,3 persen dan jatuh tempo pada 20 Mei 2023 dengan imbal hasil investasi 4,3 persen per tahun. Kupon obligasi 5,625 persen dengan jatuh tempo 20 Mei 2042, imbal hasil investasi 5,625 persen per tahun.

Penawaran obligasi itu mendapat respons positif dari kalangan investor global dengan pemesanan obligasi PT Pertamina mencapai 14,4 miliar dollar AS dari 667 investor atau setara dengan 4,4 kali dari nilai obligasi yang diterbitkan.

”Dengan transaksi ini, PT Pertamina menuntaskan penawaran obligasi global terbesar oleh perusahaan Indonesia dengan tenor 10 tahun dan 30 tahun,” kata Direktur Keuangan PT Pertamina Andri Hidayat. (EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com