Kompas.com - 17/05/2013, 14:52 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melakukan uji coba alat kendali pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi secara otomatis di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro di Jakarta, Jumat (17/5/2013), mengatakan, pemerintah akan melihat secara langsung keandalan alat yang disediakan PT Pertamina (Persero) tersebut. "Alat ini mesti diuji coba dulu seberapa jauh keandalannya. Kalau bagus, langsung jalan," katanya.

Uji coba yang dilakukan antara lain di SPBU Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, juga melibatkan kendaraan.

Edy mengatakan, secara simultan, pihaknya menyiapkan aturan pengendalian tersebut. Aturan, lanjutnya, disiapkan melalui peraturan bersama dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), kepolisian, dan Pertamina. Isi aturan antara lain pemasangan alat di kendaraan dan pembatasan pemakaian BBM pada volume tertentu.

Edy mengatakan, pembatasan pemakaian BBM akan berbeda di tiap daerah. "Pemakaian di Jakarta yang sibuk tentunya berbeda dengan di daerah," katanya.

Pada tahap awal, menurut dia, pemasangan alat kendali akan dilakukan di kendaraan dinas mengacu Peraturan Menteri ESDM No 12 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri ESDM No 1 Tahun 2013.

Sebelumnya, Dirut Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, alat kendali BBM terpasang secara bertahap mulai Juli 2013. Menurut dia, pemasangan dilakukan secara bertahap Juli 2013 hingga selesai pada Juni 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan jadwal Pertamina, pada Juli 2013, pemasangan alat kendali ditargetkan sudah selesai di tiga provinsi, yakni Jakarta, Kaltim, dan Kalbar dengan jumlah SPBU mencapai 437 unit.

Pada Agustus 2013, direncanakan terpasang di kendaraan yang berada di Kalteng, Kalsel, Kepri, Bengkulu, dan Lampung dengan 323 unit SPBU.

Pada September, terpasang di 395 unit SPBU di Riau, Sumbar, Jambi, Sumsel, dan Babel dan Oktober 2013 di 409 SPBU di Aceh dan Sumut.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.