Kompas.com - 27/05/2013, 11:58 WIB
EditorErvan Hardoko

NAYPYIDAW, KOMPAS.com — Jepang mengumumkan rencana pemberian pinjaman segar untuk Myanmar dan menghapuskan sisa utang negara tersebut, Senin (27/5/2013).

Kedua rencana ini adalah bagian dari upaya Tokyo untuk mempererat kerja sama ekonomi dengan Myanmar yang tengah mereformasi diri.

Pengumuman ini disampaikan dalam pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Myanmar Thein Sein dalam kunjungan kenegaraan ke Myanmar.

Abe berkomitmen untuk memberikan 500 juta dollar AS pinjaman baru dan menghapus 1,74 miliar dollar AS utang Burma. Pinjaman baru nantinya akan digunakan untuk proyek-proyek pembangunan infrastruktur dan kelistrikan.

Para koresponden mengatakan, kunjungan Abe ke Myanmar merupakan kunjungan resmi pertama perdana menteri Jepang sejak 1977. Hal ini menandakan perbaikan dalam hubungan dua negara yang sudah semakin hangat tersebut.

Pada Sabtu (25/5/2013) Abe mengunjungi lokasi proyek pelabuhan dan pusat bisnis yang digarap bersama Jepang dan Myanmar. Dia juga bertemu pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi.

Myanmar sudah menggelar reformasi sejak 2011 lalu. Ratusan tahanan politik telah dibebaskan, dan aturan sensor telah diperlonggar. Hasilnya, Uni Eropa dan AS telah mencopot sebagian besar sanksi terhadap negeri itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, Myanmar tengah menghadapi masalah kekerasan anti-Muslim yang cukup serius.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.