Kompas.com - 27/05/2013, 14:29 WIB
EditorErlangga Djumena

TANGERANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) Citilink akan mempensiunkan pesawat Boeing dan menggantinya dengan Airbus.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan, saat ini armadanya mempunyai 29 pesawat, terdiri dari 22 pesawat Airbus A320,  dan tujuh pesawat Boeing B737.

"Boeing ada tujuh armada, tapi mulai bulan depan tidak dioperasikan. Boeing B737 akan di-close down, face out, kemudian kami ubah ke pesawat Airbus A320," ujar Arif kepada wartawan Minggu (26/5/2013), di Cengkareng, Tangerang.

Arif mengatakan, kedatangan pesawat A320 ke Indonesia secara bertahap, hingga akhir tahun ini akan bertambah menjadi 24 unit A320.

Untuk pendanaan, sebut Arip, Citilink menggunakan leasing pesawat dan masih di-supply oleh perusahaan induk, PT Garuda Indonesia. Leasing ini ditempuh karena sebagai bagian strategi dari pesawat.

Ia mengatakan, dengan menggunakan A320, kontribusi pendapatan dari penumpang mencapai 80 persen, bahkan pada bulan lalu 87 persen. Selain itu penggunaan Airbus ini juga agar persero single aircraft time.

Adapun realisasi jumlah penumpang Citilink kuartal pertama 2013 melonjak 150 persen year-on-year menjadi 1,5 juta penumpang. Pada kuartal pertama 2012 Citilink hanya mengangkut 601.000 penumpang.

"Ini merupakan bagian dari pengembangan Citilink ke depan. Supaya cost perhitungan semakin bagus, semakin kompetitif, OTP bagus, harga bagus, dan confidence," tambah Arif. (Agustina Rasyid)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.