Volatilitas Rupiah Beri Sentimen Negatif ke IHSG

Kompas.com - 28/05/2013, 09:07 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan akan mencoba bergerak menguat mengikis pelemahan sebelumnya, Selasa (28/5/2013).

Namun, volatilitas rupiah dengan kecenderungan melemah menjadi sentimen negatif bagi indeks. Setelah melemah signifikan pada perdagangan kemarin, mayoritas bursa Asia dibuka rebound pagi ini meski tipis hanya sekitar 0,3 persen merespon melemahnya nilai tukar Yen.

Sementara harga minyak masih relatif flat di level 93,8 dollar AS per barrel dan nilai tukar rupiah kembali bergerak volatil dengan dibuka melemah ke level Rp 9.820 per dollar AS.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan meningkatnya volatilitas nilai tukar rupiah yang sempat menembus level Rp 9.845 per dollar AS dan terus naiknya yield SUN 10 tahun diperkirakan masih akan menjadi sentimen negatif bagi IHSG hari ini.

Meski berpotensi mengalami technical rebound pada sektor-sektor yang telah melemah signifikan kemarin, namun indeks diperkirakan masih akan bergerak melemah dan menguji dukungan di level 5.050.

Mayoritas bursa Eropa pada perdagangan semalam ditutup menguat merespon kembali melemahnya nilai tukar yen setelah sempat menguat hingga level 100,5 per dollar AS di sesi siang kemarin. Sementara bursa AS tutup karena libur memorial day.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X