Dollar AS Menguat, Kilau Harga Emas Pudar Lagi

Kompas.com - 28/05/2013, 10:03 WIB
EditorErlangga Djumena

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga emas jatuh lagi pagi ini seiring penguatan dollar dan rebound bursa Asia. Kilau safe haven emas memudar yang terlihat dari penjualan emas di produk exchange traded fund berbasis emas.

Harga emas spot kehilangan 0,34 persen ke 1.389,49 dollar AS per ounce pukul 07.28 WIB. Padahal kemarin harga emas terangkat 0,5 persen ketika dollar AS melemah dan bursa Eropa mendatar.

Sepekan lalu, si logam mulia menguat 2 persen, Ini merupakan penguatan mingguan terbaiknya dalam bulan ini.

Sementara harga kontrak emas di bursa AS naik 0,16 persen ke 1.388,80 dollar AS. 

Emas menanjak kemarin dengan berita bahwa sejumlah bank sentral mulai dari Rusia, Turki, dan Kazakhstan membeli emas di bulan April. Mereka membeli ketika harga emas turun untuk mendiversifikasikan portofolio investasi mereka.

Di sisi lain, kepemilikan emas di SPDR Gold, ETF emas terbesar dunia, jatuh 0,24 persen ke 1.016,16 ton pada Jumat lalu. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak pertengahan 2009. Padahal di awal tahun ini, kepemilikan emas SPDR Gold masih berjumlah 1.350,50 ton.

Catatan saja, harga emas sampai sekarang masih belum bangkit dari kejatuhannya pada pertengahan April. Emas jatuh ke level terendahnya dalam dua tahun di harga 1.321,35 dollar AS. (Rika Theo/Kontan)

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X