Kompas.com - 31/05/2013, 13:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bosan menjadi pekerja, sudah saatnya menjadi pengusaha. Salah satu bisnis yang mudah dijalankan adalah bisnis waralaba (franchise). Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar mengatakan bisnis waralaba merupakan pilihan yang tepat bagi pengusaha pemula karena tidak perlu repot mengenalkan produk.

Hal ini karena pada umumnya bisnis waralaba sudah mempunyai merek dagang yang cukup dikenal di masyarakat. "Bisnis waralaba juga sudah memiliki sistem pengembangan merek sehingga mudah memasarkan produknya," kata Anang saat pembukaan International Franchise, Licence and Business Concept Expo and Conference (IFRA) di Jakarta Convention Center, Jumat (31/5/2013).

Anang menambahkan ajang IFRA ini merupakan satu-satunya pameran waralaba yang didukung oleh asosiasi internasional seperti asosiasi franchise dari Malaysia (MFA-Persekutuan Francais Malaysia), Singapura (FLA-Franchising and Licensing Association), Filipina (PFA-Philippine Franchise Association), Taiwan (ACFPT-Association of Chain and Franchise Promotion Taiwan) dan Macao Trade and Investment Promotion Institute.

Ajang ini mengambil tema "Cara Mudah Menjadi Pengusaha". Tema ini diambil dengan harapan para pengunjung IFRA 2013 bisa mencari peluang usaha dengan menemukan bisnis waralaba yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan yang dicari.

"Tahun lalu jumlah pengunjung pameran ini mencapai 14.000 orang dalam waktu tiga hari pameran. Tentunya tahun ini kami menargetkan bisa melebihi angka tersebut," tambahnya.

Acara IFRA 2013 ini dilaksanakan pada 31 Mei 2013 hingga 2 Juni 2013 di Jakarta Convention Center. Anang menambahkan industri waralaba ini mampu menyerap tenaga kerja secara multiplier effect sekitar 5 juta tenaga kerja di tahun 2013. Di sisi lain, penjualan bisnis waralaba serta peluang bisnisnya mencapai Rp 161 triliun di 2012 dan akan meningkat mencapai Rp 190 triliun di 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X