Kompas.com - 11/06/2013, 15:56 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Taipan Chairul Tanjung memantapkan bisnisnya di segmen media dan hiburan melalui akuisisi 80 persen saham televisi kabel milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Telkomvision. Seiring dengan itu, salah satu divisi bisnis Trans Corp, Trans Media, akan menyuplai konten siaran dari televisi berbayar tersebut.

Juru bicara Trans Corp, Hadiansyah Lubis, menuturkan, setelah transaksi selesai, perseroan akan menyuplai isi siaran  Telkomvision. Saat ini proses transaksi masih berlangsung. "Nanti menunggu selesai transaksinya," ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (11/6/2013).

Saat ditanya mengenai nilai transaksi, dia tidak bersedia menyebutkan. Namun, sejumlah sumber menyebutkan nilai akuisisi 80 persen Telkomvision sekitar 100 juta dollar AS.

Sumber tersebut juga menyebutkan, saat ini pembicaraan masih berlangsung, termasuk membicarakan kemungkinan opsi bagi Trans Corp untuk menaikkan kepemilikan saham di televisi berbayar itu.

Didirikan pada 1997 dan mulai beroperasi pada 1999, saham televisi kabel ini dimiliki oleh Telkom, PT Telkomindo Primabhakti (Megacell), PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), dan PT Datakom Asia (Datakom Asia). Namun, pada 2003, Telkom menjadi pemegang saham mayoritas dengan porsi mencapai 98,75 persen, dan sisanya, 25 persen dimiliki oleh Datakom.

Hingga saat ini, pelanggan Telkomvision telah melampaui 2 juta pelanggan. Masuknya Trans Corp ke bisnis televisi berbayar akan semakin meramaikan bisnis ini yang belakangan cukup marak di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.