Sediakan Pembiayaan Umrah, Muamalat Gandeng Garuda Indonesia

Kompas.com - 01/07/2013, 14:21 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia Garuda IndonesiaIlustrasi Garuda Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko


TANGERANG, KOMPAS.com — PT Bank Muamalat menyediakan pembiayaan untuk umrah bagi penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang menggunakan jasa PT Garuda Indonesia Tbk.

Dalam kerja sama tersebut, PPIU dapat mengajukan permohonan pemesanan kursi penerbangan Garuda kepada Muamalat. Apabila dokumen persyaratannya lengkap, maka proses pencairan pembiayaan hanya memerlukan waktu 7 hari kerja.

Direktur Retail Banking Muamalat Adrian Gunadi mengatakan, perseroan memiliki target Rp 20 miliar hingga Rp 30 miliar sampai akhir tahun dari kerja sama ini. Akad yang digunakan untuk pembiayaan umrah ini yaitu murabahah. Tenor pembiayaan yang diberikan bagi PPIU selama satu tahun.

Saat ini, terdapat 7 PPIU atau agen perjalanan yang telah digandeng untuk tahap awal, dan dia mengklaim sudah ada 25 PPIU yang mengantre. Lalu sampai akhir tahun, Muamalat berharap dapat melakukan pembiayaan terhadap 50 PPIU.

Untuk mendapatkan pembiayaan ini, PPIU wajib terdaftar sebagai anggota asosiasi penyelenggara umrah dan haji seperti Himpuh, Amphuri, serta Asphurindo.

Selain menyalurkan pembiayaan, Muamalat juga akan menerbitkan bank garansi bagi perpanjangan izin operasional agen perjalanan kepada PPIU. Muamalat menargetkan fee based income dari bank garansi ini sebesar Rp 20 miliar.

Sebelumya, Muamalat pun telah melakukan kerja sama dengan Garuda untuk pembelian tiket. Adrian mengatakan, ada 10.000-15.000 nasabah yang melakukan pembelian tiket Garuda Indonesia dengan rata-rata transaksi Rp 3 juta-Rp 5 juta. (Annisa Aninditya Wibawa)



Sumber Kontan
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X