Kompas.com - 05/07/2013, 09:45 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI),  melakukan kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), untuk melayani pencairan uang yang dikirim para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri melalui BNI Wesel PIN.

“BNI telah memiliki jaringan internasional yang cukup luas dan didukung oleh kantor cabang yang ada di beberapa negara yang menjadi kantong TKI seperti Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Qatar, Malaysia, Brunei Darrusalam, dan Taiwan, sedangkan Jaringan Alfamart tersebar di Indonesia sehingga sangat tepat untuk menjadi partner kami dalam memberikan layanan BNI Wesel PIN,” kata General Manager International BNI Abdullah Firman Wibowo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Abdullah menambahkan toko-toko Alfamart yang dapat melayani BNI Wesel PIN tersebut hanya toko-toko Alfamart regular, bukan toko franchise atau waralaba. Adapun besar nominal maksimal yang dapat diambil di toko Alfamart adalah Rp 5 juta.

Sementara itu, Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, menuturkan, kerja sama tersebut sangat sinergis mengingat layanan remitensi BNI merupakan remiten terbaik se-Asia Tenggara.

Ia juga berharap layanan ini dapat membantu TKI di dalam melakukan transaksi pengiriman uang untuk keluarganya yang ada di Indonesia.

“Dengan jaringan toko Alfamart yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi diharapkan dapat mempermudah para TKI dan keluarganya yang ada di Tanah Air untuk menerima ataupun mengirimkan uang dengan lebih cepat, mudah, dan aman,” katanya.

BNI Wesel PIN merupakan produk dari Remittance Ltd (anak usaha dari BNI) untuk layanan transaksi pengiriman uang incoming & outcoming.

Adapun mekanismenya adalah, si pengirim yang kebanyakan merupakan TKI hanya menyetorkan uang sebagaimana layaknya menabung ke kantor cabang BNI yang ada di negara tempat mereka bekerja. Setelah itu, pengirim akan mendapatkan kode PIN khusus yang hanya diketahui oleh dirinya.

“Setelah mendapatkan kode PIN dari kantor BNI di sana, PIN tersebut harus diinformasikan kepada si penerima kemudian untuk pengambilan di toko Alfamart terdekat. Si penerima hanya membawa fotokopi KTP dan kode PIN dari tersebut. Sangat mudah dan aman, hari ini kirim, saat itu juga sudah bisa langsung diambil,” sebut Abdullah.

Saat ini, selain memberikan layanan remitensi BNI Wesel PIN, Alfamart juga menerima pembayaran cicilan kredit motor dari FIF dan WOM Finance, melayani pembayaran rekening listrik, telepon rumah, pembelian, dan pembayaran kode booking tiket kereta api, langganan koran, serta pembayaran tagihan jaringan televisi Telkomvission dan produk-produk Telkom lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.