BI Rate Naik Jadi 6,5 Persen

Kompas.com - 11/07/2013, 14:34 WIB
Agus Martowardojo. KOMPAS/PRIYOMBODOAgus Martowardojo.
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Bank Indonesia (BI) memilih untuk menaikkan suku bunga acuan BI (BI Rate) di bulan Juli 2013 ini sebesar 50 bps menjadi 6,5 persen.

Kenaikan BI Rate tersebut untuk mengantisipasi nilai inflasi Juli 2013 akibat kenaikan harga BBM bersubsidi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan, sikap BI yang menaikkan BI rate di bulan ini karena ingin menjaga stabilitas sistem keuangan dan ingin mengembalikan inflasi sesuai dengan sasaran BI semula.

BI sebelumnya memang pernah memerkirakan inflasi Juli 2013 bisa mencapai 2 persen (mom). Namun untuk inflasi Agustus dan September 2013 akan menurun. "Di bulan ini, kami menaikkan level BI rate sebesar 50 bps menjadi 6,5 persen," kata Agus saat konferensi pers di Gedung BI Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Selain menaikkan BI rate, BI juga menaikkan suku bunga Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (FasBI) sebesar 50 bps menjadi 4,75 persen.

Di sisi lain, BI tetap menjaga agar suku bunga kredit tetap, yaitu di level 6,75 persen. Suku bunga kredit yang tetap ini karena ingin menjaga pertumbuhan kredit di masyarakat. "Untuk mengantisipasi kenaikan BI rate dan Fasbi Rate ini, kami akan menjaga dengan bauran kebijakan," tambahnya.

Bauran kebijakan tersebut antara lain melanjutkan stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamental ekonominya serta menjaga likuiditas valuta asing.

Selain itu juga BI akan menyempurnakan aturan Loan to Value (LTV) ratio khususnya dari sektor properti di kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KTA) untuk tipe-tipe tertentu.

"Kami juga akan menjaga stabilitas sistem keuangan dan stabilitas ekonomi. Sehingga nantinya bisa meredam dampak inflasi yang tinggi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X