Dahlan Minta Landasan Bandara Soekarno-Hatta Ditambah

Kompas.com - 03/08/2013, 18:03 WIB
ILUSTRASI - Petugas berjaga di landasan parkir yang dihuni pesawat asing, di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (26/5/2013). Untuk menjadikan Soekarno-Hatta sebagai bandara kelas dunia PT Angkasa Pura (AP) II akan membangun fasilitas baru yaitu stasiun kereta bandara, Mass Rapid Transit (MRT) di seputaran bandara, dan perluasan terminal, serta parkir pesawat di Terminal 3. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA ILUSTRASI - Petugas berjaga di landasan parkir yang dihuni pesawat asing, di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (26/5/2013). Untuk menjadikan Soekarno-Hatta sebagai bandara kelas dunia PT Angkasa Pura (AP) II akan membangun fasilitas baru yaitu stasiun kereta bandara, Mass Rapid Transit (MRT) di seputaran bandara, dan perluasan terminal, serta parkir pesawat di Terminal 3.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta satu jalur landasan baru kepada Angkasa Pura II, untuk menampung pesawat jenis besar seperti Boeing 777 dan Airbus380. Menurut Dahlan, Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah melebihi kapasitas. Sehingga, antrean di dalam hanggar dan landasan pacu penuh.

"Seharusnya Soekarno-Hatta menambah satu landasan, landasan ketiga, untuk memenuhi yang full load," ujar Dahlan Iskan di kantornya, Jumat (2/8/2013).

Mantan Direktur Utama PT PLN menambahkan, bukan hanya bandara Soekarno-Hatta yang tidak menambah kapasitas muatan pesawat, melainkan hampir seluruh bandara di Indonesia mengalami hal serupa.

Solusi yang ditawarkan Dahlan untuk mengurangi kepadatan antrean pesawat di bandara, adalah mengubah seluruh pemakaian pesawat kecil menjadi pesawat besar.

Ia mencontohkan, satu pesawat yang biasaya bisa mengangkut 300 orang, diganti menjadi yang bisa mengangkut 500 orang.

"Jalan lainnya, pesawat diperbesar semua, sehingga frekuensinya tidak terlalu sering," kata  Dahlan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X