Kembangkan Kawasan Wisata, Jababeka Gandeng Perusahaan China

Kompas.com - 06/08/2013, 08:25 WIB
Ilustrasi kawasan wisata KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARIIlustrasi kawasan wisata
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Banten West Java Tourism Development (BWJ), anak perusahaan dari PT Jababeka Tbk, menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asal China, Hanking Industrial Group Co, untuk pengembangan kawasan wisata Tanjung Lesung.

Proyek pengembangan ini akan memakan biaya investasi sebesar 50 juta dollar AS. Rencananya proyek pengembangan ini akan dilakukan di atas lahan seluas 300 hektar dari total 1.500 hektar luas lahan yang dimiliki oleh BWJ.

Pengembangan ini sendiri rencananya akan dibangun Marina Golf Course, Exhibition Center, empat buah bangunan hotel yang masing-masing berisikan 100 kamar, serta 2.000 vila.

"Ini sebagai lokomotif pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus sehingga akan mendukung pembangunan jalan tol dan lapangan terbang," ujar SD Damono, Direktur Utama PT Jababeka Tbk, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Ditargetkan, proyek ini akan mulai dikerjakan pada tahun depan, dimulai dengan studi kelayakan, dan lama pengerjaan 10 tahun.

"Yang pertama dan penting untuk dibangun itu mal, kemudian exhibition center dan apartemen. Ini baru tahap awal, ke depannya mudah-mudahan akan banyak investor yang datang," kata Damono.

Menurut Damono, kendala pengembangan di kawasan Tanjung Lesung adalah infrastruktur yang kurang memadai sehingga wisatawan asing sulit untuk menjangkau kawasan ini.

"Makanya harus disertai juga dengan pembangunan jalan tol dan bandara agar luar negeri bisa langsung ke sini. Ini juga mungkin terjadi bila belum ada pembangunan tempat menginap karena tanpa itu jalan tol dan bandara juga akan rugi," ujarnya.

Dengan pengembangan ini diharapkan akan membangkitkan lapangan kerja dan pusat industri pariwisata akan mengembangkan wilayah Banten selatan menjadi obyek wisata untuk membangun kemakmuran bagi masyarakat sekitar.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X