Hingga Juni 2013, BRI Salurkan KUR Rp 7 Triliun

Kompas.com - 13/08/2013, 08:29 WIB
Gerai Bank Rakyat Indonesia di arena pameran di Jakarta, Rabu (31/10/2012). KOMPAS/HERU SRI KUMOROGerai Bank Rakyat Indonesia di arena pameran di Jakarta, Rabu (31/10/2012).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung hingga bulan Juni 2013, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 7 triliun. Penyaluran KUR oleh BRI paling banyak diserap sektor pertanian dan nelayan di wilayah pesisir.

"Sampai bulan Juni, jumlah debitur KUR mencapai 8.000.222 debitur. Realisasi kumulatif mencapai Rp 73.093.700. Total outstanding Rp 23.968.034. Serapan terbesar masih dari sektor pertanian. NPL-nya 2,2 persen," kata Kepala Biro Direksi BRI Hari Siaga Amijarso di kantor Kementerian BUMN, Senin (12/8/2013).

Hari menyatakan BRI memegang komposisi paling besar dalam hal penyaluran KUR. Perseroan membidik masyarakat kumuh perkotaan untuk menyalurkan kredit, tujuannya untuk memberdayakan masyarakat.

"Penyaluran kredit ini sifatnya memberdayakan dari awal, agar dia mulai bekerja," ungkap Hari.

Masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh perkotaan akan diberdayakan agar dapat bekerja, misalnya adalah dengan berjualan kopi secara keliling menggunakan sepeda. Hari juga menyatakan pertumbuhan usaha rakyat akan tetap terus tumbuh.

Menurut Hari, BRI menjangkau masyarakat kumuh perkotaan karena merupakan sesuatu yang baru dan masih bisa dikembangkan dalam hal penyaluran kredit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X