Menakertrans Janji Urus THR Buruh yang Belum Terbayar

Kompas.com - 13/08/2013, 13:23 WIB
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar KOMPAS. com/Indra AkuntonoMenteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar menyatakan akan membantu mengurus tunjangan hari raya (THR) yang hingga saat ini belum terbayar.

"THR yang belum terbayar semua akan kami bantu urus," kata Muhaimin di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/8/2013).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyatakan sampai saat ini ada sekitar 100 pengaduan di daerah (luar Jakarta) dan 20 pengaduan di pusat. Dari 20 kasus tersebut, ungkap Cak Imin, pihaknya telah memproses untuk diselesaikan. Namun, dia juga menyatakan masih ada 2 kasus yang tertunda penyelesaiannya, yakni di Jakarta Utara dan Tangerang.

"Ada 2 kasus yang belum tuntas, di Jakarta Utara dan Tangerang. Prinsipnya, tidak boleh ada yang tidak tuntas. Semua harus tuntas," tegasnya.

Adapun sanksi yang akan diberikan kepada perusahaan yang masih menunggak THR, adalah administrasi hingga ke ranah hukum. "Ada yang kita bisa lakukan sanksi administrasi. Kewenagan kita terbatas, tapi kalau tidak selesai juga terpaksa kita ke ranah pengadilan," tandasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.