Eskpor Kerajinan dan Mebel ke Jepang Tumbuh 13 Persen

Kompas.com - 05/09/2013, 16:30 WIB
Seorang perempuan dayak mendemonstrasikan kerajianan anyaman di  Rumah Indonesia di Tokyo International Gift Show (TIGS), Tokyo, Rabu (4/9/2013). Sebanyak 36 perajin Indonesia yang diinisiasi oleh Dekranas berpartisipasi dalam pameran internasional ini. KOMPAS / AHMAD ARIFSeorang perempuan dayak mendemonstrasikan kerajianan anyaman di Rumah Indonesia di Tokyo International Gift Show (TIGS), Tokyo, Rabu (4/9/2013). Sebanyak 36 perajin Indonesia yang diinisiasi oleh Dekranas berpartisipasi dalam pameran internasional ini.
Penulis Ahmad Arif
|
EditorFikria Hidayat
TOKYO, KOMPAS.COM - Ekspor furnitur dan kerajinan tangan dari Indonesia ke Jepang dalam kurun lima  tahun terakhir, rata-rata tumbuh 13 persen. Nilai ekspor ini rata-rata per tahun mencapai 311,5 juta dollar Amerika Serikat.

Demikian disampaikan Indah Dwiadni dari Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra, Ditjen PEN Kementerian Perdagangan, di Tokyo, Kamis (5/9/2013). Penjelasan ini sekaligus untuk meluruskan data yang sebelumnya disampaikan Ketua Bidang Pameran dan Kerjasama Luar Negeri Dekranas, Yasmin Wirjawan, dalam pembukaan “Rumah Indonesia” di Tokyo International Gift Show (TIGS) sehari sebelumnya.

“Mungkin yang disampaikan Ibu Yasmin kemarin maksudnya nilai ekspor total mebel dan furnitur kita ke dunia yang mencapai 1,1 miliar dollar AS pada kurun Januari-Mei 2013,” katanya.

Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS) 2013 seperti dikutip Ditjen PEN Kementerian Perdagangan, nilai ekspor furnitur dari Indonesia ke Jepang pada 2008 mencapai 280 juta dollar AS, sedangkan kerajinan tangan mencapai 80 juta dollar AS.

Pada 2012 nilai ekspor furnitur ke Jepang naik menjadi 349 juta dollar AS, sedangkan kerajinan tangan nilainya menjadi 81 juta dollar AS.

Seperti disampaikan Yasmin, potensi ekspor kerajinan dan mebel Indonesia ke Jepang sebenarnya masih terbuka lebar. Namun, pasar Jepang membutuhkan produk dengan kualitas yang benar-benar berkualitas dan berstandar tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X