Kompas.com - 06/09/2013, 19:00 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa tidak akan melakukan pengontrolan arus modal (capital control) serta merevisi Undang-Undang Devisa Hasil Ekspor (UU DHE). Hal tersebut diungkapkan untuk menjawab usulan sebagian pihak untuk melakukan hal tersebut.

"Tidak ada yang mau revisi UU lalu lintas DHE dan tidak ada pikiran melakukan capital control," tegas Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia, Jumat (6/9/2013).

Agus Marto menjelaskan, pihaknya sangat meyakini bahwa tidak akan melakukan hal-hal yang tidak lazim seperti hal di atas. Dia pun mengatakan bahwa posisi cadangan devisa saat ini masih dalam kategori aman.

"BI merespon dalam bentuk kebijakan-kebijakan untuk jaga likuiditas valas dalam kondisi lebih baik. Kita tidak bisa melihat jangka pendek saja tapi juga jangka menengah," ujar Mantan Menteri Keuangan ini.

Agus Marto juga yakin paket kebijakan yang diambil pemerintah pada bulan lalu akan membuat keadaan perekonomian lebih baik lagi. "Biodisel itu sudah dari tahun 2006 direncanakan. Kalau saya lihat bahwa sekarang arahnya sudah semakin konkret, maka saya sambut baik dan ini kita perlu hargai," jelasnya. (Oginawa R Prayogo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.