Merosot Rp 3,3 Triliun, Bill Gates Tetap Terkaya Sedunia

Kompas.com - 16/09/2013, 07:21 WIB
|
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com
 — Bill Gates mempertahankan posisi sebagai orang terkaya sedunia meski kekayaannya mengalami penurunan sekitar 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,3 triliun (kurs Rp 11.000 per dollar AS) dalam tiga bulan terakhir.

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaires Index per 12 September 2013, kekayaan Gates, pemilik Microsoft Corp, pada pertengahan Mei lalu bernilai 72,7 miliar dollar AS. Namun, pada pertengahan September ini, kekayaannya mengalami penurunan menjadi 72,4 miliar dollar AS.

Kekayaan Gates ini memang telah menggeser orang kaya nomor satu dunia, yaitu taipan bisnis Meksiko, Carlos Slim, pada pertengahan Mei lalu. Loncatan kekayaan Gates ini merupakan pertama kalinya sejak 2007 menikmati orang terkaya sedunia.

Sementara itu, posisi kedua masih ditempati Carlos Slim, yang memiliki kekayaan mencapai 65,7 miliar dollar AS. Di posisi ketiga orang terkaya dunia, ada Warren Buffet, pemilik Berkshire Hathaway Inc, dengan nilai kekayaan 58,1 miliar dollar AS. Nilai ini menurun dibanding periode pertengahan Mei 2013 sebesar 59,7 miliar dollar AS.

Nilai kekayaan Buffet lebih besar 2 miliar dollar AS dari posisi keempat, Amancio Ortega, yang merupakan orang terkaya Eropa. Nilai kekayaannya mencapai 57,7 miliar dollar AS.

Di posisi kelima, tetap ada Ingvard Kamprad, dengan nilai kekayaan mencapai 48,9 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.