Semua Transaksi dan Tender di BUMN Akan Dipantau

Kompas.com - 18/09/2013, 14:55 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri BUMN Dahlan Iskan
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan siap memeriksa seluruh transaksi dan tender yang dilakukan oleh semua perusahaan berstatus BUMN. Hal itu dilakukan untuk menjalankan program Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"BPK ada program baru, salah satunya yaitu menutup jalur korupsi saat tender-tender dan itu ide bagus," ujar Dahlan, Rabu (18/9/2013).

Dahlan pun tak mau memaksa semua perusahaan BUMN menggunakan sistem BPK yang baru. Menurut Dahlan, keputusan memakai sistem BPK diputuskan oleh masing-masing direksi BUMN. "Seluruh BUMN, kalau mau bersih semuanya begitu, kalau enggak berarti enggak mau bersih," jelas Dahlan.

Dahlan menjelaskan, BPK melakukan penyempurnaan sistem pembayaran dalam proyek tender. Dengan sistem tersebut, PPATK lebih praktis mengontrol dan menelusuri aliran dana.

Dahlan mengaku sudah pernah menggunakan sistem BPK saat menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Bos Grup Jawa Pos itu melihat sistem tersebut bisa mengawasi semua transaksi.

"Sama seperti waktu e-audit, saya juga yang pertama melaksanakan ide BPK itu, saat saya masih jadi Dirut PLN, kan saya yang pertama melaksanakan itu," papar Dahlan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X