Terbelit Utang, Perusahaan Tomi Soeharto Lakukan "Debt to Equity Swap"

Kompas.com - 19/09/2013, 17:13 WIB
Ilustrasi Kristianto Purnomo (KP)Ilustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan milik Tomi Soeharto, PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS), berniat mengonversi utangnya menjadi saham guna melunasi utang anak usahanya sebesar Rp 1,4 triliun. Jumlah ini merupakan 58 persen dari total utangnya yang senilai Rp 2,5 triliun.

Direktur Utama PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk Theo Lekatompessy mengatakan, mekanisme debt to equity swap ini menjadi opsi utama yang disetujui para pemegang saham.

"RUPSLB memutuskan untuk melakukan debt to equity swap dalam penyelesaian utang Rp 1,4 triliun. Itu cara pertama meskipun ada alternatif lainnya," kata Theo seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Sayangnya, ia menolak menjelaskan harga saham yang dilepas untuk calon pemegang saham. Menurut Theo, tim manajemen sedang mengkaji harga saham yang pas untuk dijual kepada calon pemegang saham.

"Jadi kita belum bisa katakan di harga berapa akan dilakukan debt to equity swap sebagai gambaran harga tertinggi kita setelah listing di Rp 1.000 per saham dan pada saat merugi di Rp 500 per saham pada saat 2008-2009, namun kalau kondisi sekarang di Rp 335 per saham," ujar dia.

Meskipun akan mendilusi pemegang saham lama, Theo mengatakan, pembayaran utang melalui aset juga bisa dilakukan dengan menjual kapal yang dimiliki perseroan.

"Jadi tidak hanya itu, pembayaran utang secara diangsur bisa mengambil dari keuntungan bisnis yang diperoleh perseroan. Dan kami juga menggadaikan aset untuk perusahaan lain, kemudian kami sewa dari mereka, jadi kami masih punya opsi lain," katanya. (Arif Wicaksono)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X