PT Timah EKspor 250 Ton Komoditas Timah Lewat BKDI

Kompas.com - 25/09/2013, 16:04 WIB
Pekerja menunjukkan batuan yang mengandung timah di tambang PT Timah di Tanjung Pesona, Kecamatan Sungai Liat, Bangka. Ulet Ifansasti/Friends of the EarthPekerja menunjukkan batuan yang mengandung timah di tambang PT Timah di Tanjung Pesona, Kecamatan Sungai Liat, Bangka.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Timah Tbk hari ini telah merealisasikan ekspor timah sebanyak 250 metrik ton dalam bentuk batangan. Timah tersebut merupakan hasil perdagangan yang digelar di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Pelaksanaan ekspor timah batangan itu akan dilakukan melalui pelabuhan khusus Muntok, Bangka Barat. “Nilai ekspor sebanyak 250 metrik ton itu mencapai US$ 5,52 juta dengan tujuan ekspor Singapore, Yokohama-Japan dan Shanghai-China,” jelas pernyataan resmi PT Timah.

Sebagaimana diketahui, BKDI merupakan bursa berjangka yang telah mendapat tugas dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan RI untuk melaksanakan Permendag No 32/ 2013 tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Timah merupakan bahan logam yang banyak digunakan untuk kemasan kaleng (tin plate) terutama untuk pengalengan ikan dan daging. Logam timah juga digunakan untuk solder dan kimia timah digunakan untuk kebutuhan industri.

Sampai kemarin, Selasa (24/9), nilai transaksi perdagangan timah di Bursa Timah BKDI mencapai 585 metrik ton. (Asnil Bambani Amri)



Sumber Kontan
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X