Amankan APEC, PLN Sewa 38 Genset Rp 363 Miliar

Kompas.com - 04/10/2013, 21:19 WIB
Ilustrasi listrik KOMPAS / WAWAN H PRABOWOIlustrasi listrik
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Dalam rangka menyukseskan ajang Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) 2013 yang akan dimulai Sabtu besok (5/10/2013) di Nusa Dua Bali, PT PLN Persero menyewa 38 unit mesin genset berkapasitas 50 megawatt (MW).

Penyewaan mesin diesel itu untuk mengamankan pasokan listrik di Bali yang mencapai 796,5 MW. Dengan tambahan 38 unit mesin diesel itu, kekurangan pasokan akibat kerusakan mesin pembangkit listrik bisa teratasi.

"Biasanya, pada bulan Oktober itu, beban puncak listrik naik. Apalagi sekarang musim panas dan ada kerusakan mesin. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita menyewa mesin untuk menambah pasokan listrik," tutur Ngurah Adnyana, Direktur Operasi Listrik Jawa, Bali, dan Sumatera saat dihubungi Kontan lewat telepon, Jumat (4/10/2013).

Ngurah menambahkan, pada dasarnya kebutuhan listrik untuk kegiatan KTT APEC ini tidak seberapa. Namun, penyewaan mesin diesel ini sendiri untuk mengamankan pasokan beban listrik yang akan meningkat pada bulan Oktober ini.

“Dengan demikian, kegiatan KTT APEC akan berjalan dengan lancar dan warga tidak merasa ketakutan akan mengalami kurangnya pasokan listrik,” kata Ngurah.

Menurut Ngurah, penyewaan genset ini menghabiskan dana sebesar Rp 363 miliar yang disewa oleh PLN dari PT Sumberdaya Sewatama dan sudah dioperasikan di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pesangaran, Kota Denpasar.

Jarman, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, penyediaan pasokan listrik untuk APEC itu sudah berjalan dengan baik dan telah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk mendukung berlangsungnya acara APEC.

“Mesin genset sewaan tersebut akan dipergunakan dengan baik dan sesuai kebutuhan," tutur Jarman saat di temui di Kantor ESDM seusai shalat Jumat. (Rr Dian Kusumo Hapsari)

Baca tentang


Sumber Kontan
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X