BI: Nilai Tukar Rupiah Saat Ini Lebih Stabil

Kompas.com - 11/10/2013, 14:24 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
– Bank Indonesia (BI) menyatakan saat ini pergerakan nilai tukar rupiah jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menuturkan ada beberapa hal yang membuat rupiah lebih stabil. Dari internal, rendahnya laju inflasi memberikan sentimen positif terhadap rupiah.

“Alhamdulillah rupiah lebih stabil dan baik. Pagi tadi penutupan sudah sedikit di bawah Rp 11.500,” kata Mirza kepada wartawan di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Faktor internal lain yang turut mempengaruhi stabilnya nilai tukar adalah adanya perbaikan pada transaksi neraca pembayaran.

“Kalau kita lihat angka terakhir perdagangan kan sudah jauh lebih baik, Agustus ya. Dengan angka kuartal III lebih baik dari kuartal II sehingga harapan kuartal IV lebih baik,” ujar mantan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) itu.

Mirza pun mengungkapkan optimismenya bahwa defisit neraca transaksi berjalan dapat berkurang, paling tidak di bawah 3 persen.

“Target 2014 current account deficit bisa di bawah 3 persen. Kalau bisa di bawah 2,5-2,6 persen dari PDB (produk domestik bruto). Saya rasa itu angka yang bisa diterima oleh pasar,” katanya.

Sementara itu, faktor eksternal menurut Mirza adalah munculnya sinyal positif pasca Janet Yellen dicalonkan sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). “Janet Yellen diharapkan kebijakan pengurangan stimulusnya akan lebih hati-hati, sehingga dampak negatif bagi negara emerging market bisa lebih diperkecil,” tandas Mirza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.