Saham Grup MNC Kembali Diperdagangkan, Ini Penjelasan BEI

Kompas.com - 11/10/2013, 16:59 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa Efek Indonesia (BEI) saat pra-pembukaan perdagangan memutuskan untuk melakukan suspensi tiga emiten MNC. Namun, secara tiba-tiba, siang tadi, suspensi untuk ketiga saham tersebut dicabut.

BEI menilai, pencabutan suspensi dilakukan setelah manajemen Grup MNC datang ke BEI dan memberikan penjelasan. Menurut BEI, penjelasan itu sudah cukup jelas sehingga suspensi saham dibuka saat perdagangan sedang berjalan. Namun, keputusan otoritas itu dinilai sebagian pihak tidak sesuai dengan prosedur.

"Keterbukaan sudah cukup dan (kami) sudah dapat penjelasannya dari emiten (MNC)," ujar Hoesen, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, kepada KONTAN, Jumat (11/10/2013). Sayangnya, Hoesen tidak menyebutkan secara rinci terkait penjelasan yang sudah diterima BEI tersebut.

Namun, sebelumnya, Hoesen menyatakan bakal menanyakan hubungan PT Berkah Karya Bersama (BKB) dengan Grup MNC, dan dampak terhadap keberlangsungan bisnis Grup MNC ke depan. Kemudian, manajemen Grup MNC juga akan memberikan informasi bahwa kejadian itu tidak akan memengaruhi kondisi keuangan dan operasional perusahaan.

Satu hal yang janggal adalah otoritas BEI membuka suspensi saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Global Mediacom Tbk (BMTR), dan PT MNC Investama Tbk (BHIT) saat perdagangan saham sedang berjalan, yakni pukul 14.40 WIB.

Sebagaimana diketahui, BEI sebelumnya melakukan suspensi atas tiga saham MNC saat pra-pembukaan perdagangan hari ini. Suspensi dilakukan BEI menyusul terjadinya penurunan harga saham emiten MNC sehari sebelumnya.

Asal tahu saja, kemarin, tiga saham Grup MNC menduduki posisi teratas top losers di IHSG. Di posisi pertama jajaran top losers pada hari ini ada PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), yang mencatat penurunan 10,34 persen menjadi Rp 2.600. Artinya, saham MNCN turun sebesar Rp 300 per saham.

Emiten Grup MNC lainnya yang berada di posisi kedua top losers adalah PT Global Mediacom Tbk (BMTR) turun 9,43 persen menjadi Rp 1.970. Artinya, saham BMTR turun sebesar Rp 205 per saham.

Kemudian, emiten Grup MNC ketiga yang berada di posisi ketiga top losers hari ini adalah PT MNC Investama Tbk (BHIT) yang turun 4,11 persen menjadi Rp 350. (Amailia Putri Hasniawati)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X