Angka Kemiskinan Bengkulu Jauh di Atas Rata-Rata Nasional

Kompas.com - 21/10/2013, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BENGKULU, KOMPAS.com - Sekretaris Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Provinsi Bengkulu Sorjum Ahyar menyampaikan angka kemiskinan di daerah itu menyentuh 17,21 persen dari total 2,1 juta jiwa penduduk Bengkulu.

Angka ini jauh diatas target nasional yang menentukan ambang batas maksimal kemiskinan hanya 10,5 persen.

"Level 17,21 persen itu sudah jauh diatas rata-rata nasional disebabkan oleh rendahnya sumberdaya manusia yang masih kurang terserap di lapangan kerja serta faktor lainnya data tersebut didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2012," kata Sorjum, Senin (21/10/2013).

Paparan tersebut ia sampaikan dalam ekspose potensi daerah Bengkulu dihadapan Duta Besar Indonesia untuk India, Rizali Wilmar Indrakesuma. Dia menyebutkan, tingginya angka kemiskinan itu disebabkan di antaranya oleh upah harian nominal buruh tani dan bangunan yang menurun serta belum stabilnya harga beras yang menjadi komoditi andalan Bengkulu.

Sementara itu, tingginya angka kemiskinan Bengkulu ditanggapi masyarakat beragam. Dina Pasaribu, warga Kota Bengkulu menyebutkan angka tersebut merupakan data yang tercatat saja, dan ia menduga jumlah kemiskinan akan melebihi 17,21 persen.

"Pemerintah tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai, banyak janji tapi tak terbukti, bagaimana dengan janji 50 ribu lapangan pekerjaan yang pernah dijanjikan Walikota Bengkulu Helmi Hasan pada saat kampanye, omong kossong," tutup Dina.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X