BUMN Didorong Bangun Pembangkit Listrik di Medan

Kompas.com - 22/10/2013, 16:47 WIB
Menteri BUMN, Dahlan Iskan. ESTU SURYOWATIMenteri BUMN, Dahlan Iskan.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan berpikir untuk meminta perusahaan pelat merah membentuk konsorsium untuk membangun pembangkit listrik di Sumatera Utara. Berkaca pada keberhasilan proyek jalan tol di Bali yang digarap secara konsorsium, ia menilai persero yang kuat bisa membantu Sumatera mengatasi krisis listrik.

"Untuk Medan, kalau BUMN bisa konsorsium sendiri untuk jalan tol di Bali, kenapa tidak konsorsium pembangkit listrik di Sumatera Utara?" ujar mantan Dirut PLN itu, di Jakarta, Senin (21/10/2013).

"Nanti saya minta BUMN untuk bangun pembangkit listrik di Sumatera Utara dan tempat-tempat lain," katanya lagi.

Namun demikian, lanjut Dahlan, idenya kali ini bisa terealisasi jika ada izin dari kementerian teknis, serta PLN.

Ia berharap, pihak terkait itu bisa mendukung sebagaimana Pemda Bali, Kementerian PU, dan Jasamarga memperlancar proyek jalan tol di Bali.

Ditanya apakah idenya ini sudah disampaikan kepada para direksi BUMN, Dahlan mengaku belum. Ia mengaku idenya itu baru tercetus saat ditanya oleh media. "Gini-gini, minggu depan saya akan kumpulkan BUMN kuat, juga PLN untuk terima ide ini. Jangan terus pusing mikirin listrik," tuturnya.

"Ini masih itu-itu saja, Wika, PP, Adhi karya. Mereka kan butuh proyek-proyek," jawab Dahlan saat ditanya persero mana yang kuat membentuk konsorsium pembangkit listrik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X