Pesanan Mobil Murah Astra Tembus 30.000 Unit

Kompas.com - 08/11/2013, 18:05 WIB
Ilustrasi pameran mobil KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi pameran mobil
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS.com — Sejak diluncurkan pada bulan September lalu, PT Astra International mencatat jumlah pesanan mobil murah ramah lingkungan alias LCGC (low cost green car) telah mencapai 30.000 unit.

"Itu order booking, jadi ada inden. Kita kan tidak mungkin kapasitas produksi 30.000. Jadi sebulan paling bisa 7.000 hingga 9.000, naik sedikit-sedikit," kata Chief Group Treasury & Investor Relations PT Astra International Tbk Iwan Hadiantoro di Bandung, Jumat (8/11/2013).

Iwan menjelaskan, kapasitas produksi terpasang untuk LCGC di perseroan dapat mencapai kisaran 100.000 hingga 120.000 per tahun. Ia mengharapkan tahun depan perseroan dapat memproduksi LCGC dalam kisaran tersebut dalam setahun.

"Tahun ini kan baru mulai. Kalau misalnya 1 bulan taruhlah (produksi) 8.000 sampai 10.000, ya sekitar 30.000 sampai 35.000 sampai dengan Desember nanti," ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan mengaku komposisi penjualan produk Astra Toyota Agya lebih besar dibandingkan Astra Daihatsu Ayla. Adapun serapan pasar terbesar masih berada di sekitar Jabodetabek.

Ke depan, Iwan mengatakan, persebaran masih akan terus dilakukan di seluruh Indonesia. "Pasti sih ke depannya maunya kita distribusikan. Karena seluruh indonesia ini kan secara penjualan kan 50 sampai 60 persen di Jawa, sisanya luar Jawa. Itu akan kita garap," jelasnya.

Terkait rencana ekspor LCGC, Iwan menyatakan pihaknya belum ada rencana untuk mengekspor LCGC. Hal ini karena perseroan ingin melihat animo pasar lokal terlebih dahulu. Di samping itu, rencana ekspor harus disetujui baik oleh pihak Toyota maupun pihak Daihatsu.

"Ekspor LCGC belum. Ya namanya baru, kita mau lihat dulu demand lokal ini seperti apa. karena untuk ekspor kan tergantung dari principal kita. Apakah Toyota atau Daihatsu setuju atau tidak kalau Astra lakukan ekspor? Jadi enggak 100 persen dikontrol Astra," tuturnya.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X