OJK Akan Rilis Strategi Pengenalan Layanan Keuangan ke Masyarakat

Kompas.com - 18/11/2013, 13:16 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meluncurkan Cetak Biru Strategi Literasi Keuangan Indonesia di JCC besok, Selasa (19/11/2013). Peresmian program Strategi Nasional Literasi Keuangan ini akan diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Turut hadir antara lain beberapa menteri terkait, Gubernur Bank Indonesia (BI), Gubernur DKI Jakarta, dan seluruh CEO dari industri lembaga jasa keuangan, akademisi serta masyarakat.

"Strategi literasi keuangan dimulai dari pengetahuan OJK dari berbagai survei dari salah satunya Bank Dunia. Indonesia punya tingkat literasi keuanagan rendah dibanding negara tetangga baik regional dan global," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono di Gedung OJK, Senin (18/11/2013).

Berdasarkan data Bank Dunia, persentase literasi keuangan Indonesia mencapai 20 persen. Adapun negara-negara lain seperti Filipina mencapai 27 persen, Malaysia 67 persen, dan Thailand 73 persen.

"Salah satu faktor yang mendorong financial inclusion berhasil adalah literasi masyarakat. Kita mengikuti India, Amerika Serikart, dan Australia yang sudah memiliki strategi literasi keuangan agar financial inclusion bisa terakselerasi dengan baik," ujar Kusumaningtuti.

Lebih lanjut, misi dari literasi keuangan ini adalah melakukan edukasi di bidang keuangan kepada masyarakat Indonesia agar dapat mengelola keuangan secara cerdas. Meningkatkan akses informasi dan penggunaan produk jasa keuangan melalui pengembangn infrastruktur pendukung literasi keuangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X