Bukit Asam Siapkan Belanja Modal 400 Juta Dollar AS pada 2014

Kompas.com - 27/11/2013, 19:08 WIB
KOMPAS.com/ SUPARMAN SULTAN Ilustrasi bongkar muat batu bara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk tahun depan sekitar 300 juta dollar AS-400 juta dollar AS.

Direktur Utama PTBA Milawarma menjelaskan, saat ini perseroan sedang fokus untuk merampungkan berbagai proyek. Proyek-proyek pengembangan yang sedang dalam proses pembangunan antara lain proyek peningkatan kapasitas Pelabuhan Tarahan di Bandar Lampung menjadi 25 juta ton dari sebelumnya sekitar 13 juta ton per tahun.

"Untuk mendukung kehandalan operasional Pelabuhan Tarahan, PTBA membangun PLTU 2x8 MW milik sendiri yang dijadwalkan triwulan IV ini sudah mulai beroperasi. Dengan selesainya proyek ini akan terjadi efisiensi, sehingga dapat meningkatkan nilai kompetitif batubara PTBA," ujarnya Rabu (27/11/2013).

Proyek pengembangan lain yang sedang dikerjakan PTBA adalah PLTU Banjarsari 2x110 MW di mulut tambang yang ditargetkan mulai beroperasi pada semester II 2014, PLTU Banko Tengah 2x620 MW di mulut tambang yang saat ini dalam tahap penyelesaian pendanaan dan dijadwalkan pembangunan konstruksi dengan target beroperasi tahun 2017. Dengan demikian, total kapasitas PLTU yang digarap PTBA saat ini mencapai 1.500 MW.

Di samping itu, PTBA menandatangani joint development agreement (JDA) dengan PT PLN dan Tenaga National Berhad (Malaysia) untuk mengembangkan PLTU dengan kapasitas 800-1.200 MW di mulut tambang di wilayah IUP PTBA di Peranap, Indragiri Hulu, Riau.

"Selain di bidang pembangkit listrik, PTBA juga sudah memasuki bisnis coal bed methane (CBM) yang saat ini masih tahap eksplorasi di lokasi tambang PTBA di Tanjung Enim. Dengan cadangan sebesar 0,8 triliun TCF, proyek ini dapat menghasilkan gas sebesar 40 MMSCF per hari atau setara kebutuhan bahan bakar untuk PLTU berkapasitas 200 MW," kata Milawarma.



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X