Jawa Barat Jadi Konsumen Terbesar Minyak Kelapa Sawit

Kompas.com - 28/11/2013, 20:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan KOMPAS.com/Rio KuswandiGubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pelaksanaan konferensi Internasional Kelapa Sawit yang digelar di Bandung, Jawa Barat, cukup beralasan. Pasalnya, Jawa Barat merupakan pangsa pasar atau konsumsi kelapa sawit dan minyak goreng terbesar di Indonesia.

"Konferensi ini cukup beralasan dilaksanakan di Bandung karena Jawa Barat merupakan pangsa pasar kelapa sawit terbesar di Indonesia," kata Heryawan di Bandung, Kamis (28/11/2013).

Meskipun sebagai konsumen terbesar produk olahan kelapa sawit, perkebunan kelapa sawit di Jawa Barat sangat sedikit. Heryawan mengaku pesimistis untuk mengembangkan kelapa sawit di Jawa Barat.

"Tidak mungkin Jawa Barat mengembangkan produksi kelapa sawit karena lahannya tidak ada, dan lahan di Jawa Barat untuk kelapa sawit tidak seluas lahan di Kalimantan," ujarnya.

Sebagai terobosan, Jawa Barat mempunyai andalan di bidang teh, karena perkebunan penghasil komoditas itu berada di Jawa Barat dan yang kedua adalah kopi.

"Teh dan kopi adalah terobosan Jawa Barat. Jawa Barat penghasil terbesar di Indonesia kalau bicara soal teh, Jawa Barat tidak ada yang mengalahkan, semua teh di Indonesia datangnya dari Jawa Barat. Kalau kelapa sawit kita akui, Jawa Barat merupakan konsumen terbesar kelapa sawit di Indonesia," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X