Kompas.com - 03/01/2014, 15:49 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo KOMPAS/HERU SRI KUMORO Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo memandang data inflasi Desember 2013 sebesar 0,55 persen dan inflasi tahunan sebesar 8,38 persen telah sesuai dengan harapan.

Di samping itu, dalam 2 bulan ke belakang pun data-data inflasi cenderung konsisten dan baik. Namun demikian, Agus mengatakan di tahun 2014 jangan mudah putus asa dengan perkembangan neraca perdagangan.

Data inflasi yang diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin dipandangnya telah baik namun harus tetap dijaga.

"Saya tetap pesan 2014 jangan mudah puas dan jangan gampang putus asa karena dengan perkembangan dari neraca perdagangan dan inflasi kita lihat ini baik karena ini harus dijaga di tahun 2014 ini dengan baik. Kalau ada perkembangan buruk jangan mudah putus asa," kata Agus di Kompleks Kantor BI, Jumat (3/1/2014).

Agus mengatakan pihaknya berharap isu penanganan defisit neraca transaksi berjalan dapat terus diperbaiki. Membaiknya neraca perdagangan jangan ditanggapi dengan mudah puas.

"Karena 2014 kita sama-sama mengetahui adalah tahun politik untuk Indonesia. Dengan perekonomian dunia, di negara maju semakin baik, belum tentu banyak dana yang masuk dan keluar," ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan dana yang masuk tersebut harus dijaga sehingga kelolaan ekonomi Indonesia dapat baik dan sehat. Ini agar dana yang masuk, khususnya untuk keperluan investasi dan permodalan lainnya dapat tetap mengalir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X