Pertamina Olah Minyak asal Aljazair di Balikpapan

Kompas.com - 09/01/2014, 08:16 WIB
Ilustrasi kilang minyak AP PHOTO / GERALD HERBERTIlustrasi kilang minyak
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah aksi akuisisi Blok 405 milik ConocoPhilips di Aljazair, PT Pertamina (Persero) kini mengelola tiga lapangan minyak utama, yaitu Menzel Lejmat North (MLN) dengan kepemilikan saham 65 persen. Sisanya EMK 16,9 persen, dan Ourhoud sebesar 3,7 persen.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan, untuk pertama kalinya Pertamina akan melakukan lifting minyak mentah Saharan Crude yang diproduksi dari lapangan tersebut. Hasil lifting akan diangkut dengan menggunakan kapal kargo milik Pertamina, MT Gunung Geulis, berkapasitas 600.000 barel.

Kargo tersebut akan dibawa ke Indonesia untuk dibongkar di Pelabuhan Balikpapan yang selanjutnya diolah di RU V Balikpapan.

“Berlayarnya MT Gunung Geulis untuk mengangkut kargo hasil lifting Saharan Crude merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk selalu mejaga pasokan bagi ketahanan energi nasional," kata Hanung dalam keterangan resmi, yang diterima Kompas.com, Rabu malam (8/1/2014).

Saat ini, jumlah kapal yang digunakan Pertamina berjumlah 201 unit kapal. Dari jumlah tersebut, sebanyak 59 unit merupakan kapal milik dan 142 sisanya merupakan kapal sewa. Hanung mengatakan, penguatan armada milik Pertamina akan semakin diperlukan di masa mendatang.

Hal itu untuk mendukung transportasi hasil produksi minyak bagian Pertamina di luar negeri yang diprioritaskan untuk di bawah ke Tanah Air. Sebagai informasi, produksi minyak bagian Pertamina (net to share) pada bulan Oktober 2013 sebesar 23.300 barel minyak per hari (BOPD) dan diharapkan akan terus meningkat hingga mencapai 32.000 BOPD pada tahun 2016-2017.

Selain di Aljazair, pada tanggal 29 November 2013 Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina Irak EP telah menyelesaikan proses akuisisi 10 persen PI di lapangan West Qurna Phase-1 (WQ1) di Irak dari Exxon Mobil. Saat ini produksi lapangan WQ1 sekitar 500.000 barel per hari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X