Kemarin Loyo, Pagi Ini Rupiah Menguat Tipis

Kompas.com - 17/01/2014, 09:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi hari ini, Jumat (17/1/2014) menguat tipis jika dibandingkan penutupan kemarin.

Sampai pukul 9.01 WIB, rupiah berada di posisi Rp 12.123 per dollar Amerika Serikat (AS). Sedangkan kemarin rupiah berada di posisi Rp 12.125 per dollar AS.

Perlu diketahui, kemarin rupiah tertekan 0,33 persen dari hari sebelumnya. Sementara itu, kurs tengah dollar AS yang dipatok Bank Indonesia ada di posisi Rp 12.117.

Sebelumnya, Albertus Christian, analis PT Monex Investindo Futures mengatakan, rupiah tertekan oleh rilis data foreign direct investment (FDI) China yang tumbuh 5,3 persen di tahun 2013 atau melambat dari tahun sebelumnya yang mencapai 5,5 persen.

Laju ekspansi kredit di China juga melemah setahun terakhir. "Perlambatan ekonomi China bisa mempengaruhi ekspor dari Indonesia dan menghambat perbaikan defisit neraca perdagangan kita," kata Albertus. (Asnil Bambani Amri)



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X