Kuartal IV-2013, Pertumbuhan Ekonomi AS Capai 3,2 Persen

Kompas.com - 30/01/2014, 21:09 WIB
Bayangan gedung Capitol pada sebuah mobil yang diparkir di pelataran gedung di Washington, DC (28/9). APBayangan gedung Capitol pada sebuah mobil yang diparkir di pelataran gedung di Washington, DC (28/9).
EditorBambang Priyo Jatmiko

WASHINGTON, KOMPAS.com
- Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada akhir kuartal IV-2013 naik menjadi 3,2 persen, ditopang oleh membaiknya belanja masyarakat. Pertumbuhan ekonomi tersebut tercatat yang tertinggi dalam 3 tahun terakhir.

Naiknya konsumsi sekaligus berhasil menutup dampak dari terhentinya pemerintahan AS (shutdown) yang terjadi pada Oktober 2013. Hal itu sekaligus menjawab langkah Federal Reserve yang memutuskan memangkas stimulus ekonominya.

Pertumbuhan ekonomi yang dicatatkan AS itu melampaui perkiraan para analis yang sebagian besar meramal angka pertumbuhan di kisaran 3 persen. Sebelumnya pada kuartal III-2014, pertumbuhan ekonomi negara tersebut sempat mencapai 4,1 persen.

Departemen Komersial AS, Kamis (30/1/2014) menyebutkan pertumbuhan ekonomi pada akhir kuartal IV memang turun jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Hal ini merefleksikan rendahnya pertumbuhan investasi dan turunnya belanja pemerintah.

“Untuk periode kuartal IV-2013 ini, AS berhasil melaluinya dengan sukses meskipun sempat terjadi shutdown pemerintahan," ujar Sam Coffin, ekonom UBS Securities LLC Stamford, Connecticut, seperti dikutip dari Bloomberg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Bloomberg,AFP
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X