Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Privatisasi 2 BUMN Perkebunan

Kompas.com - 31/01/2014, 08:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan berencana akan melakukan privatisasi terhadap 2 BUMN perkebunan, yakni PTPN V dan PTPN VII. Kedua BUMN tersebut didorong agar melakukan penawaran umum saham perdana alias Initial Public Offering (IPO).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa megatakan rencana atas PTPN VII merupakan kelanjutan IPO pada 2012 yang keputusannya ditunda karena penyatuan (holding).

Saat itu Kementerian BUMN memiliki grand strategy untuk melakukan holding agar perusahaan perkebunan lebih solid, lebih kuat dan lebih besar.

"Pada prinsipnya kita bisa memahami IPO itu karena penting supaya dia bisa menambah modal, memperkuat struktur perusahaan lebih efisien juga bisa melakukan perluasan lahan dan replanting. Namun demikian, kita memberikan catatan keputusannya. Pertama, holding harus diselesaikan dulu," kata Hatta di kantornya, Jumat (30/1/2014).

Oleh sebab itu, lanjut dia, keputusan holding akan segera dirapatkan. Adapun catatan kedua adah keputusan untuk melakukan pembenahan manejemen, efisiensi, meningkatkan kinerja, dan memotong ongkos-ongkos.

"Ketiga, timing, pricing, sizing menjadi penting apakah sekarang ini tepat atau tidak," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com