BI Prediksi Neraca Transaksi Berjalan Segera Membaik

Kompas.com - 04/02/2014, 20:47 WIB
Transaksi dengan menggunakan mata uang asing, terlarang di pasar domestik. SHUTTERSTOCKTransaksi dengan menggunakan mata uang asing, terlarang di pasar domestik.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data neraca perdagangan Indonesia bulan Desember 2013 yang membaik berupa surplus mencapai 1,5 miliar dollar AS.

Membaiknya neraca perdagangan diyakini akan memberikan dampak positif bagi transaksi berjalan yang masih defisit.

"Bank Indonesia menilai hal itu akan mendukung upaya penguatan transaksi berjalan ke arah yang lebih sehat," kata Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowaty di Kantor Pusat BI, Selasa (4/2/2013).

Lebih lanjut, Hendy mengatakan data neraca perdagangan pada Desember lalu akan menyumbang perbaikan defisit transaksi berjalan. Kebijakan responsif yang diambil pemerintah maupun BI diharapkan ikut membantu perbaikan transaksi berjalan.

"Realisasi neraca perdagangan Desember 2013 diperkirakan berkontribusi pada menurunnya defisit transaksi berjalan di triwulan IV 2013. Hal ini diharapkan berlanjut pada 2014 sebagai dampak dari kebijakan yang telah diambil oleh Bank Indonesia dan pemerintah," jelasnya.

Perbaikan pada neraca perdagangan bulan Desember 2013 yang mencapai surplus tersebut karena ekspor meningkat 7,1 persen month to month (mtm) menjadi 16,9 miliar dollar AS. Ini melebihi impor yang tumbuh 2,3 persen menjadi 15,4 miliar dollar AS.

"Secara tahunan, ekspor tumbuh 8,2 persen sedangkan impor turun 0,5 persen. Dengan perkembangan tersebut, neraca perdagangan triwulan IV 2013 mencatat surplus sebesar 2,4 miliar dollar AS dan keseluruhan 2013 defisit 3,8 miliar dollar AS," papar Hendy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X