Kompas.com - 28/02/2014, 19:57 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Bank Permata Tbk (PermataBank) mengatakan, hanya memasang target penyaluran kredit korporasi sebesar 15 persen pada tahun 2014. Hal ini karena kondisi perekonomian domestik yang masih bergejolak. PermataBank mengaku akan selektif dalam penyaluran kredit, terutama sektor energi dan infrastruktur.

"Target wholesale tahun ini sekitar 15 persen, sesuai dengan arahan Bank Indonesia (BI). Karena melihat kondisi perekonomian kita belum membaik, jadi kita cukup konservatif untuk pertumbuhan kredit tahun ini," kata Direktur Wholesale Banking PermataBank Roy A Arfandy di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Lebih lanjut, Roy menjelaskan dalam penyaluran kredit korporasi tahun ini perseroan akan lebih menyasar pada sektor yang ditopang pasar domestik. Sektor ini, lanjutnya, meliputi antara lain makanan dan minuman, industri penunjang makanan dan minuman, transportasi, serta logistik.

"Tapi kami juga akan masuk ke sektor energi dan infrastruktur secara selektif," ujar dia.

Roy mengungkapkan, selama tahun 2013 total penyaluran kredit PermataBank mencapai Rp 118,8 triliun. Adapun total penyaluran kredit korporasi pada periode sama mencapai Rp 57,5 triliun, hampir setengah dari total kredit yang disalurkan perseroan.

"Pertumbuhan kami cukup besar, sekitar 36 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Target kami di tahun ini separuh dari yang tahun lalu," papar Roy.

Sementara itu, total rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) net PermataBank pada tahun 2013 tercatat sebesar 0,3 persen. "Cukup rendah dibandingkan bank-bank lain. Tahun ini kami akan menjaga rasio NPL sama dengan tahun lalu. Kami berharap dengan pendekatan lebih konservatif, NPL tidak naik tahun ini," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.