Incar Pasar Kereta Bangladesh, INKA Bersaing dengan China

Kompas.com - 11/03/2014, 12:56 WIB
Kereta KRL buatan INKA saat uji coba perdana.
KOMPAS/LASTI KURNIAKereta KRL buatan INKA saat uji coba perdana.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan kereta api nasional, PT INKA siap bersaing dengan China, agar memenangkan tender pengadaan 50 kereta penumpang di negara Bangladesh.

Direktur Utama PT INKA, Agus Purnomo mengatakan, saat ini PT INKA tengah mengikuti tender dengan kontrak 2 tahun tersebut. Dia mengharapkan bisa melakukan penjualan dari kereta penumpang dengan lebar rel 1400 mm senilai 90 juta dollar AS.

"Kita saingannya sama China dan India. Tapi keunggulan kompetitif kita, spek hampir sama dengan China. Kita bersaing harga," kata Agus, Selasa (11/3/2014). Namun, Agus mengaku belum tahu berapa harga yang ditawarkan China ke Bangladesh. Hal itu lantaran penawaran harga belum dibuka dalam tender.

Sementara itu, PT INKA menggandeng pabrikan Bombardier dalam tender ini. Dengan kerjasama ini, Agus mengatakan pihaknya optimistis memenangi tender. Selain kereta penumpang Bangladesh, PT INKA juga tengah mengikuti tender pengadaan 100 kereta penumpang Iran.

PT INKA menargetkan meraup 60-70 Euro jika memenangkan tender tersebut. Agus mengatakan, saingan tender di Iran ini masih berasal dari Cina. "Ada tender lagi yang mau kita ikuti itu di Filpina, Thailand, dan Malaysia. Kalau Thailand dan Malaysia kita pernah masuk, cuma Filipina ini yang baru," papar Agus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X