BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kompas.com - 13/03/2014, 19:03 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memandang pertumbuhan ekonomi RI masih akan berlanjut, namun konsumsi rumah tangga diperkirakan akan lebih rendah dari perkiraan semula.

"Ini akibat lebih terbatasnya pengaruh pelaksanaan pemilu dibandingkan dampak di periode-periode pemilu sebelumnya, serta berjalannya transmisi kebijakan stabilisasi yang ditempuh BI dan pemerintah," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, Kamis  (13/3/2014).

Tirta menyebutkan dampak pemilu pada tahun ini memang tidak sebesar pemilu-pemilu sebelumnya. "Misalnya dari sablon, kan yang sekarang tidak sebanyak yang kemarin-kemarin. Kaos juga. Kalau dilihat kan ternyata tidak sebanyak dulu," jelasnya.

Adapun pertumbuhan investasi termasuk investasi non bangunan diperkirakan kembali naik, terutama pada semester II tahun 2014. Ekspor riil pun berada pada tren meningkat.

"Kondisi ini akibat pertumbuhan ekonomi dunia yang belum kuat dan dampak temporer implmentasi UU Minerba," ujar Tirta.

Dengan pertimbangan ini, maka BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI pada tahun 2014 akan berada pada kisaran 5,5 sampai 5,9 persen. Prediksi ini merupakan revisi ke bawah dari prediksi semula, yakni 5,9 sampai 6,2 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X